Kamis, 23 April 2009

Koperasi Jasmin Fatayat NU Kabupaten Tegal Terbaik se-Indonesia

Tegal, NU Online


Meski baru berumur 7 bulan, Koperasi Jasmin Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tegal dinilai menjadi Koperasi Fatayat terbaik se Indonesia. Pasalnya, beberapa indikator keberhasilan koperasi telah dicapainya.

”Koperasi Jasmin Kab. Tegal menjadi yang terbaik se Indonesia,” puji Ketua Bidang Sosial dan Ekonomi PP Fatayat NU Siti Hainah SE Msi saat memberikan sambutan pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Jasmin PC Fatayat NU Kab. Tegal Tahun Buku 2008 di Gedung NU Jalan Raya Procot Slawi Ahad (15/2).

Terbukti, lanjut Hainah, ketika di monitor selalu siap baik dari pihak pengurus maupun anggotanya. ”Program-programnya juga riil dilapangan, bukan asal-asalan,” tandasnya yang disambut tepuk tangan peserta RAT.

Dia juga berpesan, kemajuan koperasi itu tergantung pada anggota. Pengurus maupun manajer hanyalah sebagai jembatan untuk mencapai tujuan koperasi itu sendiri. Jadi ketika menjalankan program harus ada kerja sama diantara pengurus dan anggota.

Ketika RAT berlangsung, keputusan tertinggi ada pada anggota. Apapun keputusannya sangat bergantung kepada kemauan anggota. ”Prinsip Koperasi, adalah usaha bersama dengan tujuan untuk mensejahterakan anggota dengan jalan gotong royong,” tandasnya.

Sementara Ketua Pusat Koperasi Jasmin PP Fatayat NU Maria Adfianti di sela-sela RAT menyambut baik penilaian Hainah. Pasalnya berbagai indikator sebagai koperasi terbaik telah dicapai oleh Koperasi Jasmin Tegal. ”Diantaranya, beranggotakan lebih dari 20 orang dan semua aktif,” ungkapnya.

Yang lebih utama, lanjut Fifi panggilan akrabnya, semua program kerja berjalan baik, manajemen transparan dan akuntabel. ”Semua itu telah dicapai oleh Koperasi Jasmin Kab. Tegal,” paparnya.

Fifi menambahkan, setelah memisahkan diri dari Koperasi An Nisa Muslimat NU kini Koperasi Jasmin baru berdiri 14 Koperasi se Indonesia. Yakni Koperasi Jasmin Kabupaten Tegal, Indramayu, Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Banjarnegara, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jawa Barat, Sidoarjo, PW Fatayat Jawa Timur, Medan dan Lamongan.

Ketua Koperasi Jasmin Tegal Hj Alfiyah MPd Kepada NU Online menjelaskan, koperasi ini berdiri sejak Juli 2008, dengan anggota 118 orang. Awalnya, hanya memiliki 50 Juta rupiah bantuan dari Menteri Koperasi dan UKM. ”Alhamdulillah, pada RAT ini telah mencapai modal Rp. 70.735.000,-” ujar Alfiyah yang didampingi Manajer Koperasi Hj. Durmi, S.Pd.

Saat ini, lanjut alfiyah, Koperasi baru bergerak dibidang Simpan pinjam. ”Tahun 2009 ini, ada penambahan bidang usaha yakni Pabrik Roti, Konfeksi dan Salon,” imbuhnya,

Ketua PC Fatayat NU Kab. Tegal. Dra. Hj. Nurhasanah merasa gembira dengan berjalannya Koperasi Jasmin yang dikelola secara profesional para anggota Fatayat. Dia berharap dengan perkembangan koperasi ini bisa menambah income para anggota dan bisa berusaha secara bersama-sama. Sehingga mampu membantu menopang perekonian keluarganya. 

”Saat RAT ini saja, Alhamdulillah bisa membagi SHU (Sisa Hasil Usaha, red) sebesar 3,6 juta rupiah,” pungkas Nurhasanah. (was)


courtessy : www.nu.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar