Kamis, 23 April 2009

Puluhan Ribu Umat Islam Hadiri Peringatan Maulid Nabi

 
Kamis, 23 April 2009 08:28

Pekalongan, NU Online

Puluhan ribu ummat Islam dari berbagai penjuru, Rabu (22/4) kemarin menghadiri puncak acara peringatan Maulid Nabi Muhammad 1430 Hijriyah yang dihelat Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya di Kanzus Sholawat Kota Pekalongan.

Sombongan sudah berdatangan sejak malam hari. Para jamaah dari Jawa Tengah dan kota kota lainnya telah memadati acara di sepanjang jalan dr. wahidin. Meski diguyur hujan yang cukup deras disertai angin yang cukup kencang, tak menggoyahkan jama'ah dengan khidmat mengikuti pembacaa manaqib Syech Abdul Qadir Jaelani RA.

Menjelang subuh dan pagi ribuan pengunjung terus mengalir bak air bah dari berbagai penjuru dengan berseragam putih putih. Tak ayal, jalan di sepanjang dr. Wahidin nyaris tak mampu menampung pengunjung, bahkan beberapa pengunjung mengalami pingsan dan rela kehilangan HP dan dompet demi ritual agung 'peringatan maulid bersama Habib Luthfi'.

Meski kabar kehadiran Presiden RI sempat menyeruak di tengah-tengah persiapan panitia, akhirnya SBY hanya mengutus salah satu menterinya, yakni Menteri Komunikasi dan Informatika Profesor DR Muhammad Nuh untuk mewakili dirinya.

Sedangkan lainnya yang tampak hadir Mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar Ir H Akbar Tanjung, Menteri Kehutanan MS Ka'ban, Wakil ketua DPR RI yang juga Ketua Umum DPP PKB Drs H Muhaimin Iskandar, MSi.

Selanjutnya juga tampak hadir Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, Pengurus DPP Partai Demokrat Ahmad Mubarok, Kapolda Jawa Tengah dan ratusan ulama kiai larut dalam lantunan sholawat nabi.

Muhammad Nuh dalam sambutannya mewakili presiden berharap kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk lebih menatap ke depan, sehingga Pemilu dengan segala kekurangannya dapat segera diakhiri dengan berbagai lontaran dan polemik.

Dirinya mencontohkan Pemilu ibarat air wudlu lebih dari dua kulah yang jika kena najis tidak akan merubah wujud dan sifatnya, sehingga pemilu yang baru saja usai dengan segala kekurangannya tetap sah sesuai undang undang yang berlaku.

Acara yang digelar hingga jam 15.00 WIB telah didahului dengan berbagai acara penunjang antara lain nikah masal, pawai panjang jimat, pembacaan rotibul kubro hingga khataman Al-Qur'an. Untuk mengamankan jalannya acara pihak kepolisian dibantu linmas dan Banser mengerahkan personilnya sebanyak 1500 orang. Meski demikian, masih banyak pengunjung yang mengaku kehilangan dompet dan HP pada saat acara berlangsung. (amz)

courtessy : www.nu.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar