Sabtu, 09 Mei 2009

Obama Ingin Bersahabat dengan Muslim



Sabtu, 9 Mei 2009 08:15
Washington, NU Online

Presiden Barack Obama akan berpidato mengenai hubungan Amerika Serikat dengan dunia Muslim dalam kunjungannya ke Mesir. Demikian pengumuman yang disampaikan Gedung Putih, Jumat (8/5).

Obama akan mengunjungi Mesir pada tanggal 4 Juni dan sehari kemudian ke Jerman untuk mengunjungi Dresden dan kamp konsentrasi Nazi di Buchenwald.

Dalam kampanye kepresidenannya, Obama sempat berjanji akan melakukan pidato mengenai hubungan Amerika dengan dunia Muslim di masa kepresidenannya. "Mesir bisa dikatakan mewakili jantung dunia Arab," kata juru bicara Gedung Putih.

Di Turki bulan lalu, Obama mengatakan bahwa Amerika tidak sedang berperang melawan Islam dan menyerukan sebuah kerjasama yang lebih erat dengan dunia Muslim.

Juru bicara Gedung Putih Robert Gibbs ditanya apakah Mesir tepat menjadi tempat Obama berpidato mengingat catatan hak asasi manusianya yang kurang bagus.

"Cakupan pidato itu, keinginan presiden untuk berbicara, lebih besar dan lebih penting dari sekadar tempat maupun kepemimpinan dimana pidato itu disampaikan," jawabnya.

"Ini merupakan kesinambungan dari upaya presiden untuk berdialog dengan dunia Muslim. Kesemua ini merupakan kesempatan bagi presiden untuk mengulurkan tangan persahabatan bagi mereka yang sejalan dengan kami tetapi hanya kebetulan saja berbeda agama," katanya.

Ditambahkan pula bahwa kakek paman dari Obama ikut berperan dalam pembebasan Buchenwald. Setelah mengunjungi Jerman, Obama akan ke Normandy untuk memperingati 65 tahun hari H penyerbuan sekutu tepat pada tanggal 6 Juni. (kcm/dar)

courtessy : www.nu.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar