Sabtu, 09 Mei 2009

Kongres IPNU-IPPNU akan Diramaikan dengan Puisi Kolosal Religi



Sabtu, 9 Mei 2009 14:01
Brebes, NU Online


Kongres XVI IPNU DAN XV IPPNU 2009 yang bakal digelar di Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes Jateng, 20-24 Juni 2009 mendatang akan disemarakan dengan pertunjukan Puisi Kolosal Religi.

Penggarapan puisi kolosal ini, sedang digarap PC IPNU-IPPNU Brebes bekerja sama dengan Dewan Kesenian Kabupaten Brebes (DKB) dan SMA Bahrul Ulum NU Bumiayu.

“Ini bukan sekadar puisi, tapi ada muatan religi yang bisa digali,” ujar Ketua DKB Lukman Suyanto, SH di sela-sela pembahasan latihan di Hotel Kencana Brebes Jumat (8/5).

Dengan Puisi, lanjut Lukman, kita bisa berekspresi membangun jiwa semaksimal mungkin tanpa harus memaksakan pemaknaan. Penafsiran dari sebuah puisi akan dikembalikan kepada para penikmatnya sesuai dengan daya nalarnya.

“Al-Qur’an itu sendiri ayat-ayat bernuansa puisi yang tertandingi oleh penyair manapun,” ujar Lukman.

Lewat puisi religi ini, masih kata Lukman, IPNU-IPPNU diharapkan bisa memaknai secara bijaksana. Sadar kalau Pelajar NU, jiwanya masih labil, maka harus bisa menancapkan nilai-nilai religi kendati lewat sebuah puisi.

"Sekitar 50 pembaca puisi yang dikolaborasikan dengan musik, Insya Allah akan memeriahkan acara kongres," tandas Lukman (was)

courtessy : www.nu.or.id

1 komentar:

  1. bos, aku sopan. kasih shoutmix dong bos biar enak ninggalin komentar

    BalasHapus