Kamis, 07 Mei 2009

NU Harus Menjawab Problematika Umat dengan Program Nyata

Selasa, 5 Mei 2009 12:00
Kudus, NU Online

Nahdlatul Ulama (NU) harus mampu menjawab problematika umat dengan program-program nyata. Peningkatan sumberdaya manusia dan pemantapan idoelogis harus mendapatkan perhatian besar. Terutama ketika masyarakat Nahdliyyin menghadapi persoalan-persoalan memprihatinkan seperti saat ini.

Hal ini disampaikan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kudus KH Muhammad Chusnan pada acara Koordinasi persiapan Pelantikan dan Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) NU Kabupaten Kudus di kantor Cabang NU Kudus, Senin (4/5).

Lebih lanjut HM Chusnan menyatakan keprihatinannya atas kondisi yang dihadapi oleh NU. Persoalan amaliah–amaliah NU yang mulai tergerus oleh idiologi non Ahlussunnah Waljamaah harus menjadi keprihatinan dan perhatian NU.

Bahkan yang menyesakkan, aset-aset yang dikelola NU seperti musholla, masjid maupun madrasah banyak menjadi incaran kelompok lain dan tidak sedikit yang sudah bergeser pada orang non-NU.

“Oleh karena itu, PCNU Kudus harus meningkatkan dan memperkuat barisan struktural, sehingga mampu menjawab kekurangan dan rintangan NU ke depan,” ujar ketua yang terpilih kembali dalam konferensi Cabang NU bulan oktober 2008 lalu.

Menyinggung komposisi pengurusnya, Chusnan merasa yakin mampu menjawab problematika umat di kabupaten Kudus. Personil pengurus diambilkan dari berbagai unsur seperti politisi, birokrat, ekonom, akademisi, praktisi hukum, petani maupun polisi yang berideologi NU.

“Periode kemarin kita sudah mendirikan Akademi Kebidanan bekerja sama dengan Muslimat, selanjutnya ke depan kita telah berencana mendirikan Balai pendidikan dan latihan. Ini sebagai langkah untuk menangani persoalan SDM kita yang rendah,” katanya di depan pengurus lembaga dan lajnah yang dibentuk PCNU Kudus.

Karenanya, Chusnan berharap pada kekompakan pengurus di lembaga maupun lajnah agar bisa merancang dan menjalankan program yang menjadi kebutuhan umat.

Acara pelantikan dan Muskercab NU kabupaten Kudus nanti akan dilaksanakan di SMA Al-Ma’ruf Kudus tanggal 10 mei 2009 mendatang. Agenda kegiatannya mengesahkan kepengurusan PC NU Kabupaten Kudus periode 2009-2014 dan membahas rancangan program-program kerja NU ke depan. Di sela-sela muskercab direncanakan dialog interaktif dengan wakil ketua PWNU Jawa Tengah Abu Hafsin yang mengambil tema NU dan pemberdayaan masyarakat. (adb)

courtessy : www.nu.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar